Antara Program Afiliasi Dan Iklan Jaringan


Saat ini blog biasa digunakan untuk menghasilkan uang, dengan cara memasang iklan text atau pun banner. Namun sebagian blogger pasti sedikit bingung, mau pasang iklan jaringan seperti Google Adsense atau pasang iklan program afiliasi yang diikutinya. Sekarang yuk kita bahas kekurangan dan kelebihan kedua jenis program tersebut.

Iklan Jaringan
Iklan jaringan memudahkan kita untuk memasang iklan dalam segala jenis di blog, seperti text, banner maupun pop up. Sistemnya adalah PPC (pay per click), yaitu kita dibayar jika ada pengunjung yang klik iklan kita.

Kelebihannya:
1. Fleksibel; biro iklan mengijinkan kita menggunakan format iklan sesuai dengan blog kita. mau besar atau kecil, semua bisa diatur agar sesuai dengan format blog.
2. Otomatis; kita tidak perlu repot mengatur iklan, karena iklan akan muncul sesuai keyword yang telah diberikan dan target pengunjung.

Kekurangan:
1. Pembayaran kecil; setiap iklan kita di-klik oleh pengunjung, barulah kita dibayar. Biasanya berkisar $0.01 tiap klik, namun ini tergantung biro iklannya.
2. Tidak terkontrol; iklan yang muncul tidak bisa kita cegah, karena semua sudah otomatis. Kadang memang ada iklan yang tidak sesuai dengan blog.

Program Afiliasi
Iklan model seperti ini biasanya menawarkan promosi dengan banner, text atau email. Sistem pembayaran berupa komisi dalam jumlah tertentu bila ada produk yang terjual. Kamu bebas memilih program afiliasi yang saat ini tersebar di internet.

Kelebihan:
1. Komisi besar; karena pembayaran dilakukan berdasarkan produk yang terjual dari iklan yang terpasang. Cara ini lumayan menguntungkan apalagi jika program yang kita tawarkan bagus.
2. banyak pilihan; format iklan seperti ukuran banner, bisa kita pilih sendiri. Bahkan bisa kita modifikasi, asal link tetap menuju ke situs yang bersangkutan dan sesuai identitas referal kita.

Kekurangan;
1. Perlu promosi; karena pembayaran bukan dihitung dari tiap klik, tapi dari tiap penjualan yang dihasilkan melalui banner afiliasi.
2. Pendaftaran rumit; karena biasanya memerlukan persetujuan dari pemilik program sebelum kita memasarkan produk mereka.
3. Harus manual; karena lumayan membingungkan dalam melacak hasil penjualan, apalagi jika kamu mengikuti banyak program afiliasi.

Pada dasarnya, program afiliasi dan iklan jaringan sama-sama bagus untuk menghasilkan uang. Sekarang tinggal kamu yang memutuskan. Pilih keduanya juga boleh kok. Ditunggu komentarnya kalo ada saran dan tambahan.

Antara Program Afiliasi Dan Iklan Jaringan Antara Program Afiliasi Dan Iklan Jaringan Reviewed by Support on 12:11 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.