TransJakarta, Sudahkah Jadi Pilihan Warga Ibukota?


Kemacetan sudah menjadi bagian dari kehidupan kota besar, khususnya Jakarta. Mulai pagi sampai malam, banyak waktu terbuang percuma di jalan raya. Perjalanan yang (seharusnya) bisa ditempuh 30 menit, bisa meningkat menjadi 2 jam hanya karena terjebak macet. Berbagai cara ditempuh untuk mengurai kemacetan. Salah satunya sarana transportasi nyaman, yaitu TransJakarta. Berhasilkah TransJakarta?


Rute Busway TransJakarta. Peta Busway TransJakarta. Daftar tarif busway TransJakarta.

Sejak memulai operasinya pada 15 Januari 2004, sebenarnya Transjakarta (atau akrab dipanggil busway) tidak dimaksudkan untuk mengurai kemacetan. Transjakarta bertujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. Agar terjangkau oleh masyarakat, maka harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah dan diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lain.

Rencana awal juga bertujuan agar para pengguna kendaraan pribadi beralih ke Transjakarta. Karena itulah rute transjakarta pelan-pelan mulai menjangkau kota penyangga Jakarta seperti Tangerang, Bekasi dan Depok serta adanya bus feeder dari daerah tertentu. Targetnya, mengubah kebiasaan masyarakat pinggir kota yang suka menggunakan kendaraan pribadi untuk pindah ke Transjakarta.

Seperti yang sudah diduga, kehadiran Transjakarta tidak serta merta membuat para pengguna kendaraan pribadi (terutama mobil mewah) pindah menggunakan jasa transjakarta. Penjualan mobil pribadi tetap meningkat. Jalan raya Jakarta tetap padat merayap. Namun masyarakat pengguna transjakarta sedikit meningkat, apalagi dengan tarif hemat bisa keliling Jakarta dengan mudah.

Website TransJakarta di Indonesia. Cara aman dan nyaman menggunakan busway Transjakarta.

Yang perlu dilakukan sekarang adalah peningkatan kualitas pelayanan serta kuantitas prasarana. Sarana transportasi yang aman dan nyaman sangat dibutuhkan warga Jakarta, apalagi lebih bagus jika beroperasi sampai lewat tengah malam. Mengingat kota Jakarta sangat aktif dalam waktu 24 jam.

Tak adil jika membandingkan dengan negara tetangga sesama Asia, karena banyak perbedaan salah satunya finansial. Namun tak ada salahnya belajar dari negara yang lebih berhasil dalam bidang transportasi massal. Jangan sampai beberapa tahun mendatang Jakarta akan macet total karena penuh kendaraan pribadi dan sarana transportasi umum belum siap sama sekali.

Semoga kelak Transjakarta yang aman, nyaman, bebas macet dan terjangkau menjadi pilihan utama transportasi warga ibukota Jakarta.



untuk info lengkap rute dan berita Transjakarta: http://www.suaratransjakarta.org/

Foto: dokumentasi suara pembaruaan & warta kota.
 
TransJakarta, Sudahkah Jadi Pilihan Warga Ibukota? TransJakarta, Sudahkah Jadi Pilihan Warga Ibukota? Reviewed by Support on 6:30 PM Rating: 5

1 comment:

Foto Unik said...

Masih jauh dari ideal Sobat, Konsep nya sih ideal, hanya prakteknya masih jauh...kurangnya jumlah armada, dan jalur khusus busway yang tidak steril penyebab utamanya menurut saya..

Powered by Blogger.