Beberapa informasi menarik telah dirilis baru-baru ini tentang minyak ikan laut murni yang baik untuk kesehatan. Berbagai penelitian telah dilakukan dengan hasil yang menggembirakan yang merujuk pada asam lemak esensial DHA dan EPA yang terkandung dalam minyak ikan serta efek nutrisi terhadap otak. Apakah DHA dan EPA itu?
DHA (DocasaHexanenoic Acid) merupakan komponen penting dalam perbaikan sel otak, yang sangat penting untuk transmisi sinyal otak. Fungsi otak terhalang ketika jumlah yang memadai dari Omega 3 asam lemak esensial yang kurang. Beberapa studi telah sampai pada kesimpulan yang sama bahwa penyakit Alzheimer dan penyakit otak serupa mungkin lebih sering terjadi pada pasien yang kekurangan DHA.
Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 oleh para peneliti di Universitas Tufts (Massachusetts, Amerika) menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar DHA lebih tinggi mempunyai resiko penyakit gangguan akal sehat lebih rendah. Dalam studi tertentu, mengkonsumsi ikan laut seperti salmon, mackerel dan sarden tiga kali seminggu dapat meningkatkan kadar DHA.
Pada tahun yang sama sebuah studi di Swedia menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen makanan minyak ikan murni dapat mengurangi tingkat penurunan mental pada pasien dengan penyakit Alzheimer ringan. Hasil positif ditemukan pada kedua jenis kelompok penelitian yang mengkonsumsi makanan laut atau dengan mengambil minyak ikan murni dalam bentuk kapsul.
EPA (EicosaPentaenoic Acid) adalah asam lemak esensial yang merupakan faktor utama dalam menjaga kesehatan jantung. Dariush Mosaffarian, MD, dari Harvard School of Public Health menyatakan bahwa dengan makan dalam jumlah tertentu makanan laut, dapat mengurangi bahaya serangan jantung. Hasil dari tiga puluh penelitian besar dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa orang yang makan paling sedikit dua porsi ikan setiap minggu mengurangi ancaman serangan jantung fatal sampai sekitar tiga puluh enam persen.
Hasil penelitian The American Heart Association (AHA) juga menyatakan bahwa Omega 3 yang ada dalam minyak ikan bermanfaat untuk menurunkan level aritmia dan trigliserida serta mengurangi tekanan darah. AHA menyarankan pasien penyakit jantung koroner untuk mengambil satu gram EPA ditambah DHA per hari dari minyak ikan murni atau suplemen makanan. Orang-orang yang membutuhkan penurunan kadar trigliserida harus mengambil 2-4 gram EPA ditambah beberapa kapsul DHA setiap hari. Namun semua ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.
Lalu berapa banyak ikan laut yang diperlukan untuk dapat mendapatkan kadar Omega 3 yang baik bagi kesehatan? Sebagian besar orang pasti kuatir dengan pencemaran merkuri yang banyak terdapat pada makanan laut. Merkuri dalam dosis besar terbukti dapat menyebabkan kerusakan otak pada anak-anak. Bahkan FDA (Food and Drug Administration) dan Environmental Protection Agency pada tahun 2004 menganjurkan bahwa wanita usia subur dan anak-anak kecil tidak memakan lebih dari dua belas ons minyak ikan setiap minggunya untuk mencegah efek buruk kandungan merkuri.
Cara paling aman dan mudah untuk mendapatkan khasiat Omega 3 adalah mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul lunak (soft capsule) berupa makanan tambahan (supplement food), terutama jika kamu tidak doyan makan ikan. Namun tetap hati-hati dalam memilih suplemen tertentu. Perhatikan dengan seksama botol kemasan untuk memastikan produk tersebut mengandung DHA dan EPA di dalamnya, karena ini sangat penting untuk jantung dan kesehatan otak seperti yang disebutkan di atas. Faktor lain yang penting untuk dicari adalah produk yang telah steril dan aman untuk menjamin kapsul minyak ikan tersebut murni dan bebas dari segala kontaminasi.
sumber:
Health Castle
Doctor Hoffman
Foods For Life



0 comments:
Poskan Komentar