Google Penguin Update. Jika Jadi Korban, Apa Yang Harus Dilakukan?


Tanggal 25 Mei 2012 merupakan hari bersejarah bagi pemilik blog atau website karena telah terjadi update Penguin 1.1 yaitu perbaikan alogaritma Google dalam hasil pencarian melalui internet. Update ini ternyata merugikan banyak pihak, karena pengunjung ribuan situs seluruh dunia turun drastis. Apa saja penyebabnya?

Google sebagai raja di dunia internet melalui google Penguin update melakukan perbaikan untuk memisahkan situs mana yang bagus dan blog mana yang jelek alias tidak pantas masuk dalam search result Google. Tentu saja kriteria blog yang baik dan buruk ini berdasarkan algorithm robot Google, bukan berdasarkan pendapat pengguna internet yang mencari informasi melalui mesin pencari.

Mengapa dinamakan Penguin? Setelah update Panda bulan Maret lalu, tampaknya binatang yang tampak lucu ini dipilih karena punya dua warna, hitam dan putih. Hal ini sesuai dengan target Google, memilih yang bagus (putih) dan membuang yang jelek (hitam). Dunia ini memang penuh warna, namun bagi Google hanya hitam dan putih. Untuk update selanjutnya, hewan Zebra sepertinya bisa dijadikan pilihan.

Lalu blog jenis apa yang kena dampaknya? Blog yang terlalu banyak main keyword dengan sengaja atau blog yang penuh artikel kopian alias duplicate content jadi sasaran. Tapi ternyata tidak. Banyak blog besar dunia yang jadi korban, sedangkan blog yang penuh tulisan jiplakan aman-aman saja. Kenapa? Karena mereka menggunakan blogspot gratis yang notabene dimiliki oleh Google!

Jadi blog dengan personal domain (top level domain) seperti .com atau .net harus bersiap jadi korban (termasuk blog ini). Walau banyak artikel yang di copy paste, jika blog yang menjiplak menggunakan blogspot, dipastikan aman. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat banyak blog penipu yang hanya bisa mencontek tulisan orang lain dan tidak bisa kreatif menulis artikel.

Latest update Google Penguin May 2012.

Apa untungnya bagi Google dengan update seperti ini? Google sepertinya ingin mematikan potensi SEO (search engine optimization) yang normalnya dilakukan seorang webmaster (white hat SEO tentunya). Dan Google ingin meningkatkan penggunaan PPC (dalam hal ini AdWord atau AdSense) jika sebuah blog atau website yang dianggap jelek oleh Google, ingin mendapatkan pengunjung.

Untuk ke depan, sepertinya lebih baik menggunakan situs blog gratisan saja seperti blogspot dan wordpress. Selain tak mudah dilacak siapa pemiliknya, blog dengan sub domain gratis bisa diisi artikel murahan (bahkan jiplakan) apa saja dan dengan mudah (saat ini) mendapatkan ranking bagus oleh Google. Blogspot pilihan terbaik, karena merupakan bagian dari Google.

Jika sudah jadi korban update ini, lalu harus bagaimana? Ikhlaskan saja karena tidak bisa terindex kembali. Dan jangan buang waktu mengisi form ke Google atau minta mendapat di forum resmi Google. Blog dari Negara Asia dunia ketiga seperti Indonesia, dianggap tidak penting dan hanya akan jadi cemoohan para ahli forum di sana. Jika masih punya semangat, buat blog baru dan pindahkan semua artikel aslinya.

Saran satu lagi adalah jangan sering tukar link atau beli link dofollow dengan menggunakan kata kunci yang sama. Misalkan 100 link yang kita miliki mengunakan keyword "Jual Sprei Murah", hal ini sangat dibenci Google. Gunakan kata kunci yang berbeda walaupun link terarah ke URL yang sama. Kalau perlu pakai "kunjungi website kami" atau "klik untuk informasi selanjtnya".

Sebuah saran bersahabat bagi pemilik blog yang hobi copy paste artikel. Bersikaplah sportif dalam menjiplak, jangan cuma mau nebeng traffic dengan bikin duplikat artikel laris. Cantumkan live link (link hidup) ke artikel asli. Jika keberatan, jangan jiplak, tapi tulis dengan kalimat sendiri walau punya topic yang sama. Kalau masih malas, pakai saja PLR. Hobi jiplak ini sangat merugikan semua pihak, terutama blogger Indonesia.
Google Penguin Update. Jika Jadi Korban, Apa Yang Harus Dilakukan? Google Penguin Update. Jika Jadi Korban, Apa Yang Harus Dilakukan? Reviewed by napnipnop on 6:45 PM Rating: 5

2 comments:

Admin blog said...

sdtuju.bro

johar tantowi said...

makasih ni gan buat infonya,,,

Powered by Blogger.