Waspadai Toko Online Yang Jualan Produk Dengan Cara Seperti Ini!


Dalam hal apa pun, penipuan tidak dapat terhindarkan. Selalu ada banyak pihak yang ingin mencari untung lewat jalan yang tidak baik. Seiring maraknya online shop, tindakan kriminal itu juga dilakukan di sini. Tapi, sebagai pembeli yang cerdas, jangan sampai membuat kejadian tersebut mengurungkan niat untuk belanja via internet, karena kemudahannya tidak bisa dipungkiri.

Pernahkah Anda mendapat pesan via bbm atau sms berupa penawaran produk gadget dengan harga super murah? Bahkan dicantumkan pula alamat website yang memakai akhiran blogspot. Sebenarnya, tawaran semacam itu hanyalah tipuan belaka. Pesan ini dikirim secara acak ke ribuan orang dan si penipu berharap ada yang tergoda. Tapi, yang perlu dicurigai di sini adalah akhiran websitenya. Kalau memang ingin berjualan, kemungkinan akhirannya diubah menjadi .com (commercial) agar terlihat lebih profesional.

Ada juga yang memberikan nomor telepon sebagai contact person setelah mentransfer sekian rupiah dan itu berbeda dengan nomor pengirim. Padahal, nomor tersebut milik orang lain dan tidak ada sangkut pautnya dengan penipuan ini. Toh, jika melakukan komplain ke nomor pengirim sudah tidak bisa, karena menggunakan SMS gateway server.

Harga barang (biasanya elektronik) yang super miring memang disukai semua pembeli. Tapi, hal tersebut justru harus diwaspadai karena nama baik dunia bisnis online bisa jadi rusak. Terlebih lagi jika perbedaannya sampai 75% dari harga normal. Ada dua kemungkinan sebenarnya, barang tidak diantar dan kalau pun diantar, sudah dalam kualitas buruk.

Seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa penipu biasanya tidak menggunakan custom domain untuk websitenya lantaran harus membayar 12$ per satu tahun. Ya, namanya menipu pasti tanpa modal, kan? Selain itu, ada juga yang menggunakan forum gratis semisal Kaskus dan Facebook, walau tidak semuanya seperti itu. Anda harus lebih cermat lagi dalam menganalisa.

Inilah ciri-ciri toko online shop yang melakukan penipuan.

Dalam penjualan lewat dunia maya, dikenal istilah COD atau Cash on Delivery. Nah, ciri-ciri online shop penipu adalah tidak menerima COD, dengan berbagai macam alasan. Namun, yang paling ampuh adalah memberikan syarat kepada pembeli harus melakukan pembelian sekian rupiah, yang biasanya nilainya fantastis.

Meski toko lewat internet, tentu saja alamat harus dicantumkan agar supplier bisa mengirim barang. Entah itu alamat rumah atau kost. Jika Anda menemukan online shop tanpa alamat, lebih baik urungkan niat Anda untuk membeli, karena hal itu dilakukan agar tidak bisa dilacak.

Sekarang semua hal mudah dipalsukan, termasuk testimoni. Foto-fotonya diambil dari internet, kemudian si penipu mengarang bebas untuk kalimat pujian tentang produk. Sebenarnya, ada perbedaan antara asli dan palsu. Kalimat-kalimat pada testimonial asli terkesan natural, tidak berpola SPOK yang benar dan biasanya berupa screenshot.

Nah kalau barang sudah super murah dan toko online berlokasi di kota yang berbatasan dengan negara lain, maka kemungkinan besar itu adalah penipuan. Hal ini karena kota tersebut memiliki akses yang mudah untuk menyelundupkan barang gelap dari luar negeri. Kalau pun jujur, harga barangnya tidak terlalu jatuh dari si penipu.

Apa pun yang tidak jujur pasti terlihat janggal, bukan? Jadi, coba amati online shop yang foto testimoninya aneh, selalu menekankan transfer uang, rekening bank tidak tercantum, menggunakan nomor yang sama di beberapa website, dan faktur pengiriman palsu yang diambil dari internet, dan terkesan menyakinkan pembeli dengan ngoyo jika tidak melakukan penipuan.

Membeli di situs jual beli terkenal, di mana penjual bisa membuat akun, belum tentu jaminan jujur. Jadi, jalan paling amannya adalah COD. Hanya karena segelintir penipu membuat banyak online store jujur kena getahnya. Karena itu semoga tips sederhana di atas bisa sedikit membantu mencerahkan dan menyelamatkan uang Anda.
Waspadai Toko Online Yang Jualan Produk Dengan Cara Seperti Ini! Waspadai Toko Online Yang Jualan Produk Dengan Cara Seperti Ini! Reviewed by Just Ordinary Blogger Site on 9:40 AM Rating: 5
Powered by Blogger.