Komputer Makin Lemot Selalu Not Responding? Mungkin Ini Solusinya!


Seiring berjalannya waktu, performa komputer pribadi yang selalu kita gunakan (baik untuk pekerjaan atau sesekali bermain game) akan terus menurun. Apalagi jika digunakan berjam-jam tanpa henti, potensi panas bisa jadi salah satu penyebab komputer lemot.

Pernahkah komputer Anda mendadak rajin mengeluarkan notifikasi "Not Responding"? Atau terasa sangat lambat dalam mengakses data di dalam harddisk? Tak diduga juga lampu led HD warna merah selalu menyala padahal tidak ada aktivitas buka tutup dokumen?

Pada investigasi awal saat melakukan googling, banyak hal penyebab masalah di atas. Disebutkan bahwa biang keroknya adalah penggunaan software bajakan, kurangnya RAM, ada virus yang berkembang biak, sampai hardware yang sudah tidak layak pakai.

Tadinya pasti Anda terpikir untuk melakukan format ulang dan install Windows 7 agar file sistem yang korup menjadi bersih kembali. Tapi sebaiknya tunda dulu. Penulis mencoba menambah RAM dari 1GB menjadi 2GB, namun hasil yang didapat belum memuaskan.

Karena penasaran, Harddisk yang dibagi 3 partisi tersebut dicek kadar defragmentasinya, yang ternyata tidak ada masalah. Dan iseng-iseng akhirnya pada Drive D dilakukan Scandisk. Dan ternyata hasil yang diperoleh sangat di luar dugaan!

Cara memperbaiki masalah Not Responding pada komputer.

Pada Drive D banyak sekali file yang rusak karena kondisi Harddisk yang terluka. Belakangan baru tersadar karena sering sekali komputer mati terpaksa saat listrik padam. Dan seringnya restart tanpa prosedur normal yang aman alias memaksakan logoff.

Saat itulah Penulis langsung melakukan scandisk pada Drive C dan E. Memang membutuhkan waktu, namun saat selesai hasil yang diperoleh lumayan mantap. Terakhir adalah melakukan scan antivirus (Penulis merekomendasikan Sophos) di semua partisi Drive.

Setelah selesai dan restart ulang, Alhamdulillah komputer berjalan mulus dan lancar kembali. Peringatan Not Responding tidak muncul lagi, dan lampu led merah Harddisk tidak menyala kelap kelip lagi. Kegelisahan beberapa hari kini hilang sudah.

Lakukan ScanDisk dengan mudah. Klik kanan Drive yang akan Anda cek, lalu pilih PROPERTIES, maka akan terbuka jendela baru, kemudian pilih TOOLS dan lakukan CHECK NOW pada bagian Error-checking. Centang bagian Scan for and attempt recovery of bad sectors, lalu tekan START.

Butuh antivirus yang cepat dan akurat? Coba deh Sophos, gratis kok untuk pengguna rumahan. Unduh saja di www.sophos.com dijamin tak akan kecewa. Lagipula jika Anda selalu terhubung ke internet, Sophos akan update database antivirusnya secara otomatis setiap hari.
Komputer Makin Lemot Selalu Not Responding? Mungkin Ini Solusinya! Komputer Makin Lemot Selalu Not Responding? Mungkin Ini Solusinya! Reviewed by Just Ordinary Blogger Site on 11:15 AM Rating: 5
Powered by Blogger.